Cara Menghadapi Orang Sulit

By | January 8, 2022

goodscoop.id merupakan media online yang mempunyai visi “Portal Keuangan Islami”. Dengan misi ini, Good Scoop membagikan tips keuangan, cara mengatur finansial, meraih harta dengan cara Islam, dan menggaungkan muamalah syariah. Good Scoop juga merangkum berita ekonomi dan finansial dari sumber-sumber terpercaya dan kredibel

Cara Menghadapi Orangtua Toksik Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga Halaman  all - Kompas.com

Dalam bisnis, seperti sisa hidup kita, kita akan sering bertemu dengan orang-orang yang sedikit lebih sulit untuk bergaul. Beberapa menggunakan istilah ‘konflik kepribadian’ untuk menggambarkan situasi, namun ini menunjukkan bahwa ada semacam penghalang yang tidak dapat dipecahkan dan bahwa masalahnya agak tidak dapat diperbaiki, karena sangat tidak mungkin seseorang akan mengubah seluruh kepribadian mereka demi kebaikan yang lebih baik. hubungan kerja! Solusi yang jauh lebih rasional adalah mengubah perilaku tertentu, daripada sifat kepribadian.

Situasi dengan karyawan yang sulit cenderung terjadi dari waktu ke waktu; lagi pula, tidak terlalu umum untuk mempekerjakan seseorang dan menganggap mereka tidak mungkin ditangani setelah minggu pertama. Biasanya kebiasaan pribadi kecil yang menjengkelkan yang berkembang dari waktu ke waktu menjadi perilaku menjengkelkan yang lebih besar setelah ditinggalkan tanpa pengawasan.

Dalam hubungan apa pun, kedua orang itu memengaruhi perilaku orang lain. Di hampir setiap situasi konflik, kedua belah pihak memikul tanggung jawab atas bagaimana segala sesuatunya berakhir.

Berfokus pada kesalahan tidak akan membuahkan hasil dan hanya membuat Anda semakin kesal. Hal paling proaktif yang dapat Anda lakukan dalam situasi ini adalah fokus pada apa yang dapat ANDA lakukan untuk membuat segalanya lebih baik.

Tidak masalah siapa yang salah, jika perhatian utama Anda adalah memperbaiki situasi. Cobalah untuk mempertimbangkan kontribusi Anda dalam situasi yang tidak menyenangkan ini; mungkin Anda baru saja menganggap mereka sebagai tujuan yang hilang, musuh terburuk mereka sendiri? Sekarang cobalah untuk mempertimbangkan cara-cara di mana Anda dapat mengubah ini; mungkin dengan lebih terlibat dengan mereka secara pribadi, berusaha untuk menjadi teman.

Ide yang baik adalah mendekati situasi dengan nada yang tidak menuduh, lebih disukai ketika Anda berdua tenang dan dalam situasi pribadi. Atasi masalah yang Anda alami, setelah Anda selesai, biarkan mereka berbicara dan pastikan untuk mendengarkan dengan seksama sehingga mereka tahu Anda benar-benar peduli dan tertarik. Jika memungkinkan, temukan hal-hal untuk disepakati, dan tawarkan sesuatu sebagai balasannya.

10 Teknik Menghadapi Orang Sulit Halaman 1 - Kompasiana.com

Jika Anda jelas frustrasi, itu akan terlihat. Penting bagi Anda untuk menangani hal-hal dengan tegas, tetapi dengan baik dan tanpa drama. Untuk tetap menjadi orang yang lebih besar Anda harus mempertahankan martabat yang tenang, bahkan jika orang lain menjadi kasar atau jahat.

Tidak ada yang menyarankan Anda untuk tersenyum dan memberikan pipi lainnya saat menghadapi pelecehan, tetapi jika Anda melakukan serangan balik atau bereaksi dengan cara yang sama, Anda hampir selalu memperburuk situasi.

Hindari gosip dalam bentuk apa pun karena Anda akan mulai melibatkan anggota staf lainnya. Selain akan mengganggu organisasi, akan semakin sulit untuk memperbaiki keadaan. Gosip hanya berfokus pada bagian terburuk dari seseorang dan melukiskannya dengan cara yang sangat negatif. Selain menjadi tidak adil, itu memengaruhi pemikiran Anda dan sebenarnya memperpendek kesabaran Anda, terutama ketika Anda mendapatkan dukungan terselubung dari orang lain.

Seperti setiap situasi, mencegah lebih baik daripada mengobati, dengan menggunakan kombinasi kesopanan dan pengaturan batas, situasi ini dapat sepenuhnya dihindari. Namun, terkadang konflik menjadi sangat terpolarisasi sehingga Anda harus pergi ke sumber luar untuk mencari bantuan.

Jika orang yang dimaksud adalah sesama anggota staf, satu kemungkinan adalah mendekati pemimpin tim Anda dan menjelaskan situasinya. Lakukan yang terbaik untuk tidak meyakinkan atasan Anda betapa ‘buruknya’ orang lain, itu hanya akan membuat Anda terlihat seperti masalahnya.

Pada akhirnya, biasanya ada solusi untuk setiap masalah. Jika situasinya terus berlanjut dan Anda serta orang yang bersangkutan terus tidak saling berhadapan, mungkin mediasi atau bentuk intervensi lain mungkin diperlukan. Bagaimanapun Anda harus ingat bahwa ada dua sisi dalam setiap cerita, mungkin Anda tidak se-masuk akal yang Anda pikirkan? Bersikaplah terbuka terhadap saran dan pendapat orang lain, dan waspadai hak dan tanggung jawab Anda dalam situasi konflik, serta hak mereka.